Jumat, 18 Juni 2010

Operasi Hitung Campuran

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : III / I

Standar Kompetensi : 4 Operasi Hitung Campuran

Kompetensi Dasar : 4.1 Menyelesaikan soal yang mengandung sekurang-kurangnya 2 dari 4 operasi hitung

Perkalian dan pembagian

Sebelum guru menerangkan operasi hitumg campuran guru menunjukkan tingkatan pengerjaan hitung campuran di depan dan menuliskannya lalu guru menulis tingkatan hitung campuran

Penjumlahan dan Pengurangan


Guru menerangkan aturan tingkatan operasi hitung kepada siswa

1. Guru menerangkan perkalian dan pembagian adalah setingkat atau sama atau sejajar

2. Guru menerangkan penjumlahan dan pengurangan adalah setingkat atau sama atau sejajar

3. Guru menerangkan perkalian dan pembagian lebih tinggi tingkatnya atau dikerjakan terlebih dahulu dari pada penjumlahan dan pengurangannya

4. Guru menerangkan apabila ada soal hitung campuran setingkat atau sama atau sejajar, maka yang dikerjakan didahulukan adalah yang terletak di sebelah kiri atau yang ada di depan

5. Guru menerangkan bila ada soal hitungan yang lebih tinggi tingkatannya, harus dikerjakan terlebih dahulu

1 Mengenalkan hubungan perkalian dan penjumblahan

Contoh:

105:15=7 artinya 7x15=105

105:7=15

184:8=23 artinya 8x23=184

184:23=8

Perlu diingat:perkalian merupakan lawan dari pembagian

Setelah guru sudah menerangkan aturan tingkatan operasi hitung kepa siswa lalu guru menanyakan ”Apakah anak-anak sudah paham?” lalu siswa menjawabnya ”sudah paham bu” lalu guru meneruskan dengan memberikan contoh soal kepada siswa

1. 3 + 2 – 1 = ........

Guru menerangkan bagaimana cara mengerjakan soal tersebut pertama-tama guru mengingatkan kepada siswa tentang aturan lalu dari salah satu siswa angkat tangan dan bilang ”bila sama tingkatannya, maka yang didahulukan yang terletak di depan” lalu guru menjawab ya betul, lalu guru menerangkan bagaimana mengerjakannya

(3 + 2) – 1 =

3 + 2 = 5

5 – 1 = 4

Pertama-tama guru memberi tanda kurung yang dikerjakan terlebih dahulu untuk mempermudah dengan adanya tanda kurung maka yang dikerjakan terlebih dahulu adalah yang ada di dalam kurung. Jadi 3 + 2 – 1 = 4

Lalu guru memberikan contoh soal yang lainnya

2. 23 x 4 + 62 =

Lalu guru langsung menerangkan bagi mana cara mengerjakannnya guru bertanya lagi kalau perkalian dengan penjumlahan tingkatannya lebih tinggi yang mana lalu siswa menjawab ”perkalian” dan guru menanggapinya ”Ya, yang lebih tinggi adalah perkalian” lalu guru menenrangkan bagaimana cara mengerjakannya.

2 (23 x 4) + 62 =

23 x 4 =

92 + 62 = 154

Juga sama memberi tanda kurung untuk perkalian dan penjumlahan lebih tinggi perkalian maka yang diberi tanda kurung adalah perkalian lalu penjumlahan. Jadi 23 x 4 + 62 = 154 lalu guru memberikan contih soal yang lainnya lagi

3. 96 : 3 x 2 =

Guru bertanya kepada siswa ”jika ada pembagian dan perkalian adalah setingkat selanjutnya guru menerangkan bagaimana cara pengerjaannya pertama-tama memberi tanda kurung terlebih dulu untuk lebih mudah atau yang terlebih dahulu dikerjakan

(96 : 3) x 2=

96 : 3 = 32

32 x 2 = 64

Jadi 96 = 3 x 2 = 64

Guru menerangkan contoh soal lainnya

4. 22 + 27 x 5 =

Guru bertanya lagi dengan siswa ”penjumlahan dan perkalian mana yang dikerjakan terlebih dahulu ?” lalu siswa menjawab ”perkalian” lalu guru langsung menerangkan.

122 + (27 x 5) =

27 x 5 = 135

122 + 135 = 257

Guru menerangkan soal dan memberi tanda kurung untuk dikerjakan terlebih dahulu. Jadi 122 + 27 x 5 = 257. selanjutnya guru memberikan soal kepada siswa sebelumnya itu guru menanyakan kepada siswanya ”siapa yang belum mengerti tentang operasi hitung campuran” lalu siswa menjawab ”sudah mengerti” lalu guru memberikan soal untuk dikerjakan oleh siswa atau menguji siswa sampai seberapa pemahaman tentang operasi hitungan campuran.

Standar komptensi : 4.2 Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan operasi hitung campuran

Sebelum menerangkan soal cerita yang berhubungan dengan operasi hitung campuran, guru menanyakan kepada siswa ”Soal cerita sama dengan operasi hitung campuran sebelumnya” lalu guru memberikan contoh soal cerita yang ada pada buku paket siswa

1. Seorang ibu membagikan 162 karet gelang kepada 6 anaknya masing-masing sama banyak bagian dari anak pertama telah digunakan 2 buah. Berapa sisa buku yang dimiliki anak pertama sekarang?

Guru bertanya kepada siswa ”bagaimana cara mengerjakan soal cerita seperti ini?” lalu siswa menjawab tidak tahu bu” lalu guru menyatakan ”lo gak tau, gini-gini” lalu guru mulai menerangkan contoh soal tersebut pertama-tama 162 karet gelang dibagikan kepada 6 anak sama banyak, maka masing-masing anak mendapat 162 : 6 = 27 sambil menuliskan di papan lalu anak pertama sudah menggunakan 2 karet gelang, maka sisa karet gelangnya 27 – 2 = 25 buku. Jadi sisa karet gelang milik anak pertama adalah 25 buah.

Lalu guru bertanya kepada siswa ”apakah sudah mengerti semua?” lalu siswa menjawab ”sudah bu” selanjutnya guru memberikan tugas yang ada pada buku paket siswa untuk mengerjakan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar